6 Bagian yang harus ada pada rumah dari Konstruksi Bangunan

Apakah Anda saat ini sedang berencana membangun rumah? Perhatikan bagian-bagian penting yang jangan sampai Anda lewatkan ini!

 

Dalam membangun rumah atau bangunan terdapat bagian penting yang tanpa kehadirannya bangunan tersebut dapat terancam rusak. Bahkan tidak dapat berdiri.

Apa saja elemen penting yang harus ada dari sebuah konstruksi? Berikut enam diantaranya!

 

  1. Pondasi

Pondasi adalah bagian paling penting saat membangun rumah atau bangunan apapun. Ibarat kaki yang menopang tubuh Anda, tanpa adanya pondasi yang baik maka sebuah bangunan tidak akan mampu berdiri.

Kekuatan dari seluruh bangunan terletak pada pondasi.

Pondasi menyokong seluruh bobot bangunan di atasnya, menjadi dasar untuk membangun dinding, sampai sebagai batas antara bagian kayu dengan permukaan agar terhindar dari rayap.

Luar biasa bukan fungsi pondasi ini?

 

  1. Footing Pondasi

Bagian kedua yang paling penting setelah pondasi adalah bagian alasnya. Orang awam cenderung menyebut footing ini sebagai balok beton atau balok sloof.

Apa fungsi dari bagian ini?

Fungsi utamanya adalah mendistribusikan bobot yang menimpa pondasi. Letaknya biasanya ada di bawah bagian tiang. Dengan adanya bagian ini maka setiap kolom akan terhubung.

Bagian ini juga membantu meminimalkan dampak ketika terjadi penurunan tanah. Karena seperti yang kita tahu, kondisi tanah di Indonesia cukup bervariasi daya topang dan kepadatannya.

 

  1. Bagian Dinding

Dinding adalah bagian berikutnya yang harus ada dari sebuah bangunan. Dinding berfungsi untuk menutup seluruh bangunan yang ada. Bayangkan jika sebuah rumah tanpa dinding, bagaimana mungkin kita dapat hidup di dalamnya?

Selain untuk menutup dan juga melindungi seluruh konstruksi, dinding juga menjadi pemisah atau partisi dari setiap bangunan rumah.

Panjang dan lebar dinding adalah elemen penting yang diukur sejak awal ketika mulai membangun.

Dengan adanya dinding Anda dapat mengetahui mana bagian ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan sebagainya.

 

  1. Bagian Kolom

Sebelum beranjak ke bagian lain jangan lupakan sebuah bagian yang juga berfungsi untuk menopang sebuah bangunan.

Bagian tersebut disebut sebagai kolom.

Kolom ini dibangun di atas balok sloof dengan bentuk memanjang ke atas seperti sebuah batang.

Apa saja fungsinya? Fungsi bagian kolom ini adalah untuk menghubungkan dan menopang antar dinding. Sehingga menjadi satu kesatuan bangunan.

Selain itu kolom juga berfungsi untuk menopang bagian atap. Sehingga kolom dan dinding menjadi satu bagian yang saling menguatkan sebelum ditambahkan atap di atas bangunan.

 

  1. Bagian Kuda-Kuda

Jika mendengar istilah kuda-kuda mungkin Anda teringat dengan unsur bela diri. Bila seseorang akan bertarung maka ia harus memiliki kuda-kuda yang kokoh.

Begitu juga dari sebuah bangunan. Namun kuda-kuda di dalam dunia konstruksi mengacu pada bagian atas bangunan, yaitu atap.

Fungsi kuda-kuda ini adalah untuk menopang bagian atap rumah. Kuda-kuda konvensional terbuat dari kayu namun saat ini sudah banyak tergantikan oleh bahan baja ringan.

 

  1. Bagian Atap

Bagian yang harus ada berikutnya adalah atap. Atap diletakkan di atas kuda-kuda yang sudah dibuat.

Atap rumah melindungi Anda dari panas dan hujan, karena itu pastikan untuk menggunakan atap berkualitas dan memiliki daya tahan lama.

***

Itulah bagian yang harus ada pada rumah atau bangunan. Memang masih ada bagian lain seperti lantai, ventilasi, jendela atau pintu. Namun di sini yang dibahas adalah bagian yang paling penting atau inti dari sebuah bangunan.

Jika saat ini Anda berencana membangun rumah atau bangunan segera kunjungi anekabangunan.com untuk mendapatkan penawaran menarik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *