Berapa biaya membangun garasi?

Garasi adalah unsur yang sangat penting bagi Anda pemilik kendaraan. Sebab Anda tentu tidak ingin dimarahi pengguna jalan atau tetangga hanya gara-gara mobil Anda menghalangi jalan bukan? Bahkan di beberapa daerah sudah ada ketentuan agar sebelum memiliki mobil harus menyiapkan garasinya lebih dulu.

 

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Membuat Garasi

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan perhitungkan sebelum membuat garasi mobil. Diantaranya:

 

  1. Ukuran Kendaraan Anda

Sebelum membuat garasi, Anda harus terlebih dahulu memperkirakan berapa besar ukuran kendaraan dibandingkan dengan ketersediaan lahan di rumah Anda.

Sebagai gambaran dasar, berikut adalah ukuran garasi yang perlu Anda siapkan untuk kendaraan roda empat yang umumnya ada di Indonesia:

  • Mobil LCGC kecil/city car/small MPV: 5,3 m x 2,7 m
  • Mobil family car: 5,5 m x 2,7 m
  • Mobil small SUV: 5,5 m x 2, 8 m
  • Mobil SUV: 5,6 m x 2,8 m

Ukuran di atas hanyalah perkiraan saja. Anda tetap harus memperhitungkan kondisi di lokasi Anda.

 

  1. Persiapkan Lantai Garasi

Lantai garasi juga harus dipertimbangkan. Karena jika pemilihan bahan kurang tepat dapat mengganggu mobilitas Anda saat memasukkan dan mengeluarkan kendaraan.

Jika Anda ingin menggunakan bahan batu koral misalnya, Anda harus mempersiapkan biaya untuk bahan sekitar 300 ribu sampai satu juta rupiah. Biaya dapat berubah tergantung pada desain, motif dan luas garasi Anda.

Jika Anda hanya ingin melapisi dengan semen saja, biaya bisa berkisar mulai dari Rp400 ribu/m persegi. Bila menggunakan semen cor biayanya mulai dari Rp650.000/m persegi.

Selain itu Anda juga dapat memilih bahan dari batu alam, paving block atau grass block. Untuk biaya per meter perseginya dapat Anda konsultasikan dengan penyedia material di tempat Anda.

 

  1. Pilih Kanopi

Garasi tanpa kanopi sebetulnya sudah cukup. Akan tetapi demi menjaga kualitas cat dan material kendaraan ada baiknya Anda menggunakan kanopi. Kanopi berfungsi untuk melindungi panas dan hujan. Juga dapat menjaga kebersihan kendaraan Anda.

Ada beberapa pilihan kanopi. Mulai dari bahan spandek, polikarbonat, sampai dengan atap permanen.

Kanopi polikarbonat memiliki kisaran biaya mulai dari 500 ribu rupiah per meternya.

Sedangkan kanopi dari bahan spandek berkisaran 900 ribu rupiah per meter. Namun jika Anda ingin membuat atap permanen dengan cor, bisa berkisar mulai dari Rp 1,8 juta untuk harga per meter.

 

  1. Biaya SDM

Komponen biaya penting lainnya adalah biaya pekerja. Tidak mungkin Anda mengerjakan garasi sendirian bukan?

Untuk setiap daerah bisa saja terdapat perbedaan. Namun jika mengacu pada tarif di daerah Jabodetabek, biasanya jasa pekerja adalah Rp 150 ribu rupiah per hari.

Namun ada beberapa komponen lain yang perlu Anda perhatikan. Misalnya apakah biaya tersebut sudah termasuk biaya makan atau tidak. Jika belum, maka bisa Anda tambahkan Rp30.000 atau Rp50.000 per harinya.

Jika memungkinkan lebih baik Anda membayar biaya lebih mahal namun dengan hasil yang memuaskan. Pastikan jasa pekerja yang Anda sewa sudah teruji dan terbukti reputasinya. Hal ini demi menghemat material dan waktu kerja.

 

Garasi adalah bagian utama yang harus tersedia bagi Anda pemilik kendaraan roda empat. Sebelum membangun garasi pastikan Anda sudah memperhitungkan dimensi kendaraan dengan lahan, material dan model garasi yang ingin dipasang serta biaya pekerja.

Dengan adanya garasi, mobil Anda akan aman dan tentunya lebih terlindungi dari cuaca, kotoran dan tidak menghalangi akses jalan di depan rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *