Jangan Salah Pilih! Mortar Terbaik untuk Usia Rumah yang Lebih Panjang

Pastikan memilih mortar terbaik agar usia rumah Anda lebih panjang.

Mortar adalah bahan utama saat membangun rumah. Ia berfungsi untuk merekatkan bata, keramik, membangun dinding dan segala hal yang berhubungan dengan pembangunan rumah.

Mortar ibarat urat nadi yang menyatukan seluruh bagian rumah. Karena itu sangat penting agar Anda memilih mortar terbaik.

 

Mengapa Menggunakan Mortar?

Ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan mortar dan bukan semen biasa.

Alasan pertama adalah mortar berisi campuran antara semen, pasir, dan bahan perekat kimia serta unsur lainnya. Seluruh campuran ini mudah digunakan hanya dengan menambahkan air saja. Maka dari itu waktu pengerjaan proyek akan lebih cepat selesai.

Bayangkan saja jika Anda harus membuat campuran semen sendiri. Anda beruntung jika mendapatkan tenaga kerja yang berpengalaman. Namun jika tidak maka campuran semen bisa saja tidak sesuai kebutuhan.

Inilah yang menjadi alasan kedua mengapa mortar merupakan pilihan terbaik. Tidak lain adalah kepraktisannya sehingga SDM yang dibutuhkan juga lebih hemat dalam tenaga dan pekerjaannya.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Mortar

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih mortar, antara lain:

  1. Daya Rekat

Salah satu fungsi mortar adalah merekatkan antara bata dengan bata, atau antara bahan yang satu dengan lainnya.

Karena itu daya rekat harus Anda perhatikan. Apakah daya rekat yang Anda inginkan sesuai dengan mortar yang Anda pilih.

Jika proyek Anda adalah bagian eksterior maka daya rekat yang tinggi akan meningkatkan kekuatan antar bagian ini. Selain itu dengan perekatan yang kuat maka ikatan ini tidak mudah rusak.

Air juga akan sulit untuk menembus ke dalamnya. Dengan begitu usia rumah akan menjadi lebih lama.

  1. Fleksibilitas

Selain perekatan, mortar juga perlu memiliki fleksibilitas atau kelenturan. Apabila Anda salah memilih mortar maka bisa saja bagian tertentu dari rumah Anda akan mudah rusak akibat cuaca, pergerakan, atau kelembaban.

Karena itu Anda perlu memilih mortar yang sesuai dengan proyek rumah Anda. Perhatikan seberapa besar tingkat kelenturan yang Anda perlukan. Kemudian pilih mortar yang paling sesuai.

Karena jenis yang berbeda memiliki kelenturan yang berbeda pula. Ada yang sanggup menyerap pergerakan tertentu dan ada pula yang tidak.

  1. Pahami Jenis Pekerjaan

Masih berhubungan dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan, maka bagian ini perlu Anda perhatikan dengan baik.

Terutama jika Anda ingin melakukan pengerjaan berkaitan dengan renovasi atau perbaikan di beberapa bagian rumah dengan cara DIY (Do It Yourself).

Karena mortar yang digunakan untuk memasang keramik, membuat plesteran, plesteran dinding dan sejenisnya memerlukan jenis mortar yang berbeda dengan pada saat Anda akan merekatkan bata ringan.

  1. Warna

Warna memang bukan pertimbangan utama saat memilih mortar. Akan tetapi jika Anda orang yang senang memperhatikan detail, maka warna patut menjadi faktor yang perlu Anda perhitungkan.

Sebab ada kemungkinan cat warna tertentu akan menghasilkan kualitas berbeda jika diaplikasikan di atas mortar.

Perhatikan apakah bahan mortar yang Anda gunakan dapat berinteraksi dengan baik pada saat pengecatan.

Warna juga perlu menjadi pertimbangan apabila Anda ingin membuat rumah dengan desain yang sederhana tanpa banyak ornamen. Misalnya saja Anda ingin menonjolkan bata ringan pada dinding Anda.

Dengan warna yang tepat, maka karakter bangunan rumah Anda akan lebih terpancar.

***

Itulah beberapa hal untuk memilih mortar terbaik bagi rumah Anda. Karena mortar bersifat sebagai perekat, maka semakin baik kualitasnya otomatis usia rumah Anda menjadi lebih awet.

Jika Anda masih bingung kemana mencari mortar terbaik, silahkan berkonsultasi bersama kami.

Dapatkan segera mortar yang paling tepat untuk kebutuhan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *