Tips membuat Gazebo untuk Taman Rumah

Gazebo adalah sebuah bangunan terbuka pada semua sisi yang digunakan untuk bersantai atau menikmati cuaca di luar rumah.

Gazebo sering kali diletakkan di taman atau ruang terbuka lain di berbagai sudut rumah. Jika rumah Anda dilengkapi bangunan ini juga akan menambah keindahan dan fungsi tambahan di luar bangunan utama.

Jika Anda saat ini sedang mengidamkan untuk memiliki gazebo, maka ada beberapa tips membuat gazebo yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Ini dia pembahasannya.

 

  1. Tentukan Lokasi Gazebo

Penempatan gazebo menjadi hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan. Karena letaknya yang berada di luar rumah maka usahakan agar tidak terlalu dekat namun juga tidak terlalu jauh dengan bangunan utama.

Posisi juga sebisa mungkin berada pada bagian yang mudah dilihat oleh orang lain. Karena gazebo adalah alternatif utama yang digunakan untuk bersantai, maka gazebo harus mampu “menggoda” orang untuk berteduh di bawahnya.

Dengan menentukan lokasi dan posisi yang proporsional, nilai aset properti Anda juga akan meningkat.

 

  1. Gunakan Ukuran yang Tepat

Gazebo yang terlalu kecil akan tidak nyaman, namun jika terlalu besar maka dapat memboroskan lahan Anda.

Gunakanlah ukuran yang proporsional sesuai kebutuhan. Misalnya saja Anda ingin membuat gazebo dengan kapasitas maksimal yang mampu menampung empat orang, maka Anda dapat membangun gazebo berukuran 2 x 2 meter.

 

  1. Buat Desain yang Menarik

Agar gazebo Anda nyaman dan aman digunakan, maka desain memegang peranan penting. Sebab dari desain ini, Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana gazebo tersebut setelah dibangun.

Jika memungkinkan Anda dapat meminta jasa kepada arsitek atau ahli bangunan desain apa yang sesuai dengan kondisi lahan dan tanah yang ada. Kemudian dipadukan dengan nuansa apa yang Anda inginkan dari gazebo tersebut.

Dengan desain yang baik Anda juga dapat segera memperhitungkan biaya pembangunan gazebo. Mulai dari material yang diperlukan sampai dengan perkiraan biaya untuk tenaga kerja.

 

  1. Tentukan Material yang Akan Digunakan

Material adalah hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan. Agar gazebo nyaman digunakan maka Anda dapat memilih material yang dekat dengan alam.

Terlebih lagi bangunan ini berada di alam terbuka. Maka bahan-bahan seperti bambu atau kayu sangat cocok Anda pilih untuk membangun sebuah gazebo.

Namun pastikan pondasi yang Anda gunakan kokoh. Agar gazebo tetap aman dari angin dan terpaan cuaca maka sebaiknya Anda menggunakan mortar yang kuat sebagai bahan untuk membangun pondasi gazebo dan melekatkan antar bagiannya.

Kunjungi anekabangunan.com untuk mendapatkan informasi mortar yang berkualitas tinggi.

 

  1. Pilih Bahan Atap yang Sesuai

Atap adalah bagian penting dari sebuah gazebo. Sebab bagian ini harus kokoh namun juga harus nyaman dan menyejukkan.

Selain itu bahan atap yang berbeda dapat membawa nuansa yang berbeda pula.

Ada banyak pilihan bahan untuk atap gazebo. Jika Anda benar-benar ingin merasakan suasana alam terbuka maka Anda dapat menggunakan ijuk atau bambu.

Namun atap biasa juga tetap dapat Anda pilih. Sesuaikan dengan anggaran dan kesan yang ingin Anda dapatkan dari gazebo yang Anda buat.

 

  1. Pastikan Keamanannya

Faktor paling penting dari segalanya adalah keamanan. Pastikan agar saluran listrik menuju gazebo sudah terpasang dengan baik dan aman.

Begitu juga material yang digunakan terjamin kekokohannya. Misalnya Anda dapat menggunakan bahan kayu anti rayap dan jamur, memasang pondasi dengan benar, dan lain sebagainya.

Sebab selain nyaman, gazebo juga harus aman untuk Anda dan keluarga.

 

Gazebo adalah bagian tambahan yang terletak terpisah dari bangunan utama. Bagian ini dapat Anda gunakan untuk bersantai dan bercengkrama bersama keluarga dan tamu.

Pastikan menggunakan bahan, desain, dan lokasi yang tepat dan sesuai dengan standar keamanan dan kenyamanan saat membangun gazebo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *