Tips Membuat Tembok Bangunan agar Terlihat Lebih Estetis

Rumah selalu memiliki banyak elemen yang bisa difokuskan untuk membuatnya lebih estetis. Salah satu elemen yang seringkali jadi  pilihan adalah bagian tembok bangunan. Tembok ataupun dinding menjadi salah satu pilihan karena memiliki dimensi yang luas dan datar sehingga lebih fleksibel untuk dimodifikasi.

Nilai estetika dari dinding atau tembok bangunan bisa di-upgrade dengan berbagai cara lho. Kali ini kami akan membagikan beberapa tips membuat tembok bangunan agar terlihat lebih estetis. Simak ulasannya sampai selesai ya..

  • Hiasi Dinding Ruangan dengan Backdrop

Tips pertama adalah dengan menggunakan backdrop untuk memberikan aksen pada interior agar ruangan menjadi lebih estetis dan menarik. Backdrop sendiri merupakan salah satu elemen yang paling banyak digunakan dalam menghias dinding.

Beberapa ruangan yang sering dihiasi backdrop adalah ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur hingga foyer. Pada dasarnya, ada cukup banyak material yang bisa digunakan untuk desain backdrop seperti kain, cermin, kayu, leather dan lain sebagainya.

  • Pajang Foto di Dinding Rumah

tembok bangunan

Di era digital saat ini, mungkin tidak banyak yang fokus dengan mencetak foto. Bukan hanya Anda, bahkan kami juga lebih suka untuk menyimpan foto di memori gadget, kamera ataupun cloud. Selain tidak makan tempat, ini juga lebih simpel karena kita tidak perlu membawa foto-foto kenangan secara fisik.

Tapi, apa Anda tahu ternyata foto-foto ini bisa dijadikan material untuk membuat tembok bangunan lebih estetis jika dicetak dan dipajang? Kebiasaan jadul ini bisa Anda giatkan lagi tentunya dengan sedikit modifikasi.

Agar tidak terlihat biasa dan monoton, Anda bisa mencoba memajang foto ala-ala galeri lho. Misalkan Anda pilih foto-foto dengan tema, tampilan dan warna yang sama lalu buat kolom dan baris sejajar. Ini cocok sekali untuk Anda yang perfeksionis.

Anda juga bisa memanfaatkan bingkai jendela atau pintu bekas sebagai bingkai foto. Ini akan menampilkan kesan antik dan rustik bagi rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa lebih kreatif dengan membawa visual feed Instagram ke dinding lho. Pilih foto-foto yang akan dicetak dan pastikan untuk mencetaknya dalam bentuk kotak ala-ala Instagram ya. Anda juga bisa mencetaknya sebagai foto polaroid. Jajarkan foto-foto tadi persis seperti feed Instagram Anda. Galeri pribadi Anda siap deh.

Ingin lebih keren lagi? Anda bisa membuat kolase foto dengan ukuran random, menggantung foto dengan tali gemetris, mencampurnya dengan cermin dan hiasan dan lain sebagainya.

  • Biarkan Dinding dan Tembok Bangunan Tereskpose

tembok bangunan

Tips terakhir adalah dengan membiarkan tembok rumah terekspos. Anda bisa memanfaatkan tema industrial yaitu membiarkan dinding terekspose. Anda bisa pilih material semen ataupun batu bata untuk ekspose dinding ini.

Dinding dengan kesan unfinished akan membuat tampilan rumah lebih rustic, alami dan unik. Khusus untuk dinding semen ekspose, Anda bisa memberikan coating transaran pada permukaan dindinnya. Ini bisa melindungi permukaan semen dari debu dan kotoran tapi tetap bisa menampilkan keindahan ekspose material semennya.

Pastikan juga untuk memilih semen yang mengandung silika agar lebih tahan terhadap jamur. Jangan lupa juga untuk membasahi material bata sebelum diplester agar dinding semen ekspos Anda tidak memiliki retak rambut. Jika tidak dibasahi dulu, maka saat bata kekurangan kelembaban akan menarik kandungan air pada semen nantinya.

Ternyata membuat bagian tembok terlihat lebih estetis bisa dilakukan dengan berbagai cara ya. Anda lebih suka yang mana nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *