4 Jenis Mortar yang Perlu Anda Ketahui

Berbicara mengenai mortar pastinya sudah banyak yang tahu tentang berbagai keunggulan yang dimiliki oleh semen yang satu ini. Mulai dari keunggulan dalam hal kepraktisan, kemudahan dan kualitasnya semuanya tak perlu diragukan lagi. Selain keunggulan tersebut tentunya masih banyak lagi keunggulan lainnya yang pastinya banyak orang sudah mengetahuinya. 

Untuk itulah kali ini kita tidak akan membahasnya lebih lanjut. Sebagai gantinya kita akan membahas mengenai berbagai jenis mortar yang bisa digunakan untuk berbagai konstruksi. Untuk selengkapnya langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya dibawah ini. 

Jenis-Jenis Mortar

Meski semen instan dan  mempunyai cara penggunaan yang hampir mirip, tetap saja mortar mempunyai berbagai jenis.  Paling tidak semen mortar memiliki 4 jenis yang harus Anda ketahui. Adapun keempat jenis tersebut diantaranya ada:

  • Thin Bed Mortar

Thin Bed Mortar dikenal juga sebagai perekat bata ringan. Selain itu jenis mortar yang satu ini juga seringkali disebut sebagai lem hebel oleh para mandor dan pekerja bangunan yang menggunakannya. Mortar perekat bata ringan ini terbuat dari komposisi yang tepat. 

Adapun komposisinya adalah perpaduan dari berbagai material pilihan seperti semen, pasir, dan juga aditif. Komposisi bahan tersebut kemudian diolah dengan proses produksi yang modern dan canggih supaya bisa tercampur secara sempurna. Penggunaan jenis mortar ini mempunyai tingkat efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan semen konvensional. 

Hal ini karena para pekerja bangunan atau kuli umumnya hanya perlu mengoleskan  mortar dengan tipis untuk  merekatkan bata ringan. Berbeda dengan penggunaan semen konvensional yang biasanya harus tebal baru dapat merekatkan bata merah. Kemasan mortar yang 40 kilogram biasanya dapat digunakan untuk sekitar 10 hingga 14 meter per segi dari dinging rumah jadi lebih hemat. Bahkan dari segi harga Anda juga tidak perlu khawatir karena harga mortar memang sedikit lebih mahal namun tidak berbeda jauh dengan dengan semen pada umumnya.   

  • Skim Coat

Jenis selanjutnya adalah Skim Coat yang dikenal juga dengan mortar acian atau pelapis dinding. Mortar jenis ini adalah semen instan yang seringkali diaplikasikan untuk permukaan dinding plesteran atau beton pada bagian interior maupun eksterior. Mortar jenis ini adalah semen yang khusus digunakan untuk menghaluskan permukaan dinding bangunan. 

Keuntungan yang bisa Anda peroleh dari mengaci menggunakan mortar ini adalah lebih cepat kering, dinding bangunan akan lebih padat jadi tidak menyerap zat cat. Dengan begitu warna dinding nantinya bisa lebih tampak. Disamping itu dinding yang menggunakan mortar juga lebih minim mengalami retakan. 

Keuntungan lainnnya Anda juga tidak perlu memplamir dinding sehingga bisa lebih hemat. Hebatnya lagi semen jenis ini juga mampu mencegah terjadinya penguapan air yang cepat. Dengan begitu adukannya tidak akan mudah mengeras seperti semen konvensional. 

  • Plester Dinding

Jenis mortar selanjutnya adalah plester dinding. Mortar plester dinding adalah semen instan yang siap digunakan kapan saja. Jenis mortar ini berbeda dengan mortar perekat bata ringan yang hanya khusus digunakan untuk merekatkan bata ringan. 

Hal ini karena mortar plester dinding bisa digunakan untuk jenis bata lainnya. Mulai dari memplester bata ringan, bata merah dan bahkan batako bisa menggunakan mortar yang satu ini. Mortar jenis ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan karena Anda tidak perlu mencampurkan bahan material lainnya lagi. 

Anda hanya perlu mencampurkan mortar ini dengan air saja. Selain itu dari segi kualitas mortar ini juga cukup konsisten. Untuk kemasan yang 50 kilogram umumnya dapat digunakan untuk sekitar 2,5 hingga 3 meter persegi dinding jadi hemat. 

  • Pemasang Keramik

Keramik adalah salah satu material yang banyak digunakan untuk melapisi lantai. Untuk itulah dalam pemasangannya diperlukan plester khusus keramik yaitu mortar plester keramik. Penggunaan mortar pada pemasangan keramik pastinya mampu memberikan hasil yang lebih maksimal. Semen mortar jenis ini diformulasikan secara khusus supaya keramik bisa merekat dengan kuat sehingga lebih awet dan tidak terlepas. 

Itulah 4 jenis mortar yang harus Anda ketahui. Selain keempat jenis diatas, sebenarnya masih ada beberapa jenis mortar lainnya di pasaran. Misalnya saja seperti mortar pemasangan keramik kolam, water proofing dan lain sebagainya. Namun tetap saja 4 jenis diatas adalah jenis yang paling banyak digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *