Penggunaan Mortar dalam Konstruksi

penggunaan mortar

Adanya inovasi semen seperti ini pastinya sangat bermanfaat guna mengatasi berbagai masalah dalam pembangunan. Adapun salah satu manfaat dari kehadiran semen mortar ini adalah bisa menjadi sebuah semen instan. Dimana dari segi penggunaan semen instan tentunya lebih mudah dan lebih praktis daripada semen umumnya. 

Berkenalan dengan Mortar

Mortar atau semen mortar adalah semen instan yang bisa digunakan sebagai bahan dasar perekat dalam membuat berbagai jenis struktur bangunan. Adapun campuran mortar  ini terdiri dari semen, pasir khusus, dan bahan lainnya.  Semen ini adalah jenis semen yang sangat mudah diaplikasikan dalam proses pembuatan sebuah gedung atau bangunan. 

Hal ini karena Anda tidak perlu menggunakan berbagai campuran dari material lainnya. Dalam penggunaanya sendiri, semen mortar hanya perlu dicampur dengan air biasa. Selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan semen ini. 

Secara umum, jenis semen ini mempunyai kandungan yang sangat berperan aktif dan cukup berpengaruh pada keunggulan mu acian. Hal ini karena semen ini terdiri dari berbagai bahan yang sudah diracik dan diformulasikan secara khusus supaya bisa sesuai dengan kegunaan dari produk semen ini sendiri. Sifat dasar yang dimiliki oleh semen ini adalah sifat instan yang secara umum bisa langsung digunakan dalam kegiatan pembangunan. 

Fungsi dan Penggunaan Mortar dalam Kegiatan Konstruksi

Dalam bidang konstruksi yang sangat luas mortar sangat diperlukan. Bahkan penggunaan mortar bisa dibilang sangat penting terutama untuk membuat bangunan modern. Hal ini tentunya tak lepas dari fungsi mortar itu sendiri. Adapun fungsi dari mortar adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bahan yang digunakan untuk acian dan plester dinding bangunan
  2. Untuk merekatkan sambungan yang ada pada pasangan bata dan batako
  3. Sebagai bahan untuk merekatkan ubin dari keramik, granit, marmer dan batu alam
  4. Sebagai pengisi nat yang ada pada sambungan ubin lantai keramik
  5. Digunakan untuk pelapis perkerasan sebelum melakukan tahap finishing lantai
  6. Berfungsi untuk merekatkan bubungan di atap genteng bangunan

Pada dasarnya penggunaan mortar dalam sebuah konstruksi atau bangunan meliputi semua bagian. Jadi mulai dari bagian pondasi, sloof, lantai, pintu dan jendela, tangga sampai atap bangunan pun material mortar ini diperlukan untuk menyelesaikannya. Mortar bisa dibuat secara manual.

Adapun caranya dengan mencampurkan sendiri berbagai bahan pembentuk mortar. Namun apabila ingin yang mudah, membeli mortar jadi adalah pilihan terbaik.  Hal ini karena mortar jadi lebih simple dan cepat. Cara pakai mortar  yang sudah jadi  ini hanya perlu ditambah dengan air saja supaya menjadi adonan mortar.  

Untuk mortar jadi yang umumnya dijual adalah jenis yang digunakan untuk merekatkan keramik, mengisi nat di sambungan ubin, dinding dan juga lantai. Anda bisa membeli mortar jadi ini di toko bangunan. Untuk masalah harga, maka harga mortar juga tidak berbeda jauh dengan semen pada umumnya, jadi masih terjangkau. 

Penggunaan mortar ini akan sangat cocok jika Anda ingin mempunyai tampilan atau finishing bangunan dengan kesan estetik atau mempunyai keindahan tersendiri. Jenis dari semen ini juga mempunyai beberapa bagian dan klasifikasi masing-masing berdasarkan dengan kegunaanya. Dengan begitu jika akan digunakan pada tahap finishing, Anda hanya perlu melihat dan memilih sesuai kebutuhan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *