5 Manfaat Basement Gedung yang Perlu Anda Ketahui

manfaat basement gedung

Menemukan basement gedung tidaklah sulit. Tengok saja di gedung apartemen atau mall selalu ada basement di bagian bawah bangunannya. Pembangunan ini bukan tanpa maksud karena ternyata manfaat basement gedung ini sangat banyak. Yuk simak daftarnya berikut ini:

  • Ruang Parkir

Jika menyebut basement banyak orang mengasosiasikan pada ruang parkir di bawah tanah. Namun apa itu basement sebenarnya? Basement adalah bangunan yang setengah atau seluruh lantainya berada di bawah tanah.

Untuk berbagai gedung yang mempunyai lantai lebih dari 3 rata-rata akan memberikan penghuninya basement parkir di bawah tanah. Bukan tanpa sebab, hal ini karena mahalnya harga tanah dewasa ini. Pembangunan basement gedung sebagai tempat parkir bawah tanah dimaksudkan untuk memaksimalkan tanah dan ruangan yang dimiliki oleh gedung tersebut.

Selain itu tidak dipungkiri pembangunan basement yang difungsikan sebagai parking basement untuk memberikan kemudahan juga pada para penghuni gedung. Kendaraan penghuni gedung lebih terjaga karena letaknya menjadi satu dengan bangunan. Apalagi ditambah akses parkir ini hanya bisa diakses oleh para penghuni gedung saja

  • Tambahan Ruang Rapat

Beberapa gedung modern selain memanfaatkan basement sebagai tempat parkir ada juga yang memanfaatkan sebagai tambahan ruang lainnya. Sebut saja untuk ruang rapat. 

Penambahan ruang rapat di bawah tanah bisa menambah value yang dimiliki gedung di mata pelanggan. Untuk pengelola gedung tentu saja memaksimalkan basement ini dan mendapatkan pundi-pundi uang tambahan.

  • Tempat Menyimpan Wine

Sudah bukan rahasia bagi para penikmat wine mempunyai ruang bawah tanah adalah keharusan. Bukan tanpa alasan hal ini dikarenakan wine membutuhkan suatu kondisi tertentu untuk menjaga rasa dan kualitas dari wine. Ruangan basement gedung adalah salah satu cara yang dapat dilakukan.

Jika ingin menyimpan wine di dalam lantai basement gedung jangan lupa untuk mengatur suhunya. Wine akan cepat menua jika udara terlalu panas. Dapat juga secara tidak sengaja wine tersebut membuka tutup dan labelnya sendiri karena kandungan gas di dalamnya.

Suhu terlalu dingin juga dianggap tidak ideal berada di cellar wine. Pengkristalan akibat suhu dingin akan menurunkan tingkat kualitas dari wine itu sendiri. Usahakan suhu berada pada titik ideal dan jauh dari getaran sekitar. 

  • Ruang Tambahan untuk Tamu

Tidak hanya gedung saja yang bisa ditambahkan ruangan basement, rumah juga bisa menambahkan ruangan ini. Selain ruangan untuk menyimpan wine (cellar) rumah dengan basement juga bisa mendapatkan kamar tambahan. Kamar ini bisa juga dimanfaatkan untuk kamar tamu jika ada tamu yang menginap. 

Manfaat basement gedung sebagai ruang tidur tamu, berguna untuk memaksimalkan ruangan di rumah. Apalagi jika tidak terlalu sering ada tamu yang menginap. Ruangan di atas tanah bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang dipergunakan penghuni secara kontinyu setiap harinya. 

  • Penyimpanan Heater, Cooler dan Instalasi Listrik

Ruangan di apartemen atau gedung memerlukan tambahan sirkulasi karena kurangnya jendela untuk proses sirkulasi udara. Heater dan cooler adalah salah satu teknologi yang bisa menjaga sirkulasi dengan lebih baik.

Keberadaan keduanya sangat dibutuhkan terutama jika daerah tersebut mempunyai suhu yang rendah atau tinggi. Kebanyakan dari mereka mempunyai suara yang berisik. Jika ditaruh di atas ruangan ditakutkan akan mengganggu penghuni apartemen atau gedung. 

Instalasi listrik juga bisa ditaruh di lantai basement apartment Pemanfaatan ini dimaksudkan agar tempat lebih maksimal dalam penyimpanan. Selain itu instalasi listrik di ruangan basement akan memudahkan untuk mengalirkan ke lantai-lantai atas. Ditambah lebih aman untuk para penghuni gedung itu sendiri.

Manfaat basement gedung lumayan banyak. Bisa untuk tambahan ruang, tempat parkir atau bisa juga digunakan untuk tempat perlindungan dari bencana tornado. Namun penggunaan yang maksimal sangat diharapkan karena biaya pembangunannya bisa mencapai 1,5 kali lebih besar dibandingkan dengan membangun gedung tanpa basement.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *