Cara mengatasi Acian Dinding yang Bergelombang

Dinding yang bergelombang bukan saja mengurangi estetika. Namun juga mengurangi fungsi dari dinding itu sendiri. Jangan biarkan dinding yang bergelombang merusak struktur dan keindahan dinding. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

 

Mengupas Cat yang Ada Pada Dinding Anda

Langkah pertama ketika Anda melihat dinding yang bergelombang adalah Anda perlu mengupas cat yang menempel pada dinding. Anda dapat menggunakan alat bantu seperti kape untuk melakukan pengupasan.

Lakukan pengupasan cat sampai Anda lihat bahwa cat yang ada pada dinding perlahan menghilang. Kemudian perhatikan lapisan acian dibawah cat yang sudah terkelupas. Lapisan acian inilah yang Anda cari.

 

Periksa Tingkat Kekeringan Dinding

Agar Anda tidak lagi mengalami acian dinding yang tidak rata, maka periksa apakah dinding Anda benar-benar sudah berada di kondisi kering. Terlebih lagi apabila dinding tersebut merupakan bagian bangunan baru.

Proses ini dapat memakan waktu cukup lama. Karena dinding yang baru diplester harus Anda diamkan dahulu selama dua minggu. Tetapi tidak ada ruginya bukan? Asalkan Anda mendapatkan sebuah dinding yang kuat dan indah.

 

Membersihkan Bagian Permukaan Dinding

Kemudian, Anda perlu membersihkan bagian permukaan dinding yang akan Anda perbaiki. Upayakan seluruh sisa cat lama yang awalnya menempel sudah hilang seluruhnya.

Setelah itu bersihkan juga kotoran dan debu yang bersemayam pada dinding Anda. Sebab jika Anda melewatkan bagian ini, ada kemungkinan debu tersebut dapat menyebabkan acian dinding yang tidak rata kembali di masa yang akan datang.

 

Membasahi Dinding yang Akan Diperbaiki

Agar hasilnya maksimal, maka Anda perlu mendapatkan kondisi dinding yang basah. Mengapa? Karena dinding yang basah akan membuat proses pengeringan saat mengaplikasikan lapisan acian baru menjadi lebih optimal.

Dengan cara ini, lapisan acian Anda yang baru Anda aplikasikan akan mengering dengan durasi wajar. Hal ini penting karena apabila lapisan acian yang Anda miliki mengering terlalu cepat, maka ada kemungkinan dinding Anda akan mengalami retak rambut.

Jika sudah begitu Anda tentu akan kecewa. Sebab yang Anda inginkan adalah acian dinding yang rata, namun yang Anda dapatkan justru retakan rambut. Ibarat keluar mulut singa, masuk mulut buaya. Karena itu, pastikan basahi bagian dinding yang akan diperbaiki ya!

 

Melakukan Pengacian Ulang Pada Dinding yang TIdak Rata

Setelah Anda bersihkan dan basahi, maka saatnya Anda memberikan lapisan acian baru pada dinding. Ada berbagai pilihan material yang dapat Anda pilih untuk melakukan pekerjaan ini.

Namun agar pekerjaan Anda lebih mudah dan praktis, Anda dapat menggunakan mortar instan yang berkualitas. Sebab mortar seperti ini memiliki campuran yang baik dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.

Kerjakan proses acian baru ini sampai Anda mendapatkan dinding yang rapi, rata dan halus.

 

Pengecatan Ulang

Setelah lapisan dinding baru sudah Anda dapatkan, periksa kembali apakah ada gelombang atau tidak. Jika sudah maka saatnya Anda lakukan pengecatan ulang.

Pengecatan ulang ini selain menambah estetika, juga akan melindungi dinding Anda dengan lebih baik. Gunakan produk cat dinding yang memang sesuai dengan kondisi bangunan dan kebutuhan Anda.

Perhatikan bagian dinding yang akan Anda berikan cat. Apakah bagian luar atau bagian dalam. Sebab karakter cat untuk interior dan eksterior memiliki ciri yang berbeda. Maka dari itu, sebaiknya saat Anda akan mempersiapkan bahan untuk memperbaiki dinding, Anda juga sudah menyiapkan cat untuk tahap akhir pengerjaan.

Dengan mempersiapkan cat, maka waktu dan biaya yang Anda keluarkan akan lebih ekonomis.

***

Itulah cara mengatasi acian dinding yang bergelombang. Semoga ulasan ini membawa manfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *