MACAM-MACAM TRUK MOLEN DAN KEGUNAANNYA

Seiring dengan kemajuan zaman dan pesatnya perkembangan infrastruktur di Indonesia, membuat kita semakin terbiasa melihat proses pembangunan dengan segala sektor pendukungnya.

Salah satu objek pendukung dalam proses pembangunan infrastruktur yang sangat vital adalah angkutan transportasi yang membawa segala macam material yang sering kita temui di jalan.

Dari sekian banyak angkutan transportasi yang terlibat dalam proses pembangunan, salah satunya adalah Mixer Truck atau yang lebih dikenal dengan sebutan Truk Molen.

Truk molen biasa dilibatkan dalam proyek-proyek berskala besar. Tugas utama dari truk molen ini adalah sebagai pengaduk material konstruksi yaitu beton. Adapun mesin yang menjalankan pengaduk betonnya sendiri merupakan mesin full mobile atau semi mobile dengan mesin yang bergerak statis.

 

Jenis-jenis Truk Molen

Di Indonesia terdapat beberapa jenis truk molen. Setiap jenis tersebut membedakan fungsi dari truk molen itu sendiri, serta memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

 

Truk molen ukuran standar

Biasa disebut dengan Ready Mix Concrete. Truk molen jenis ini difokuskan  sebagai pengangkut bahan material beton cor dari Batching Plant atau pabrik beton yang kemudian dibawa ke lokasi pengecoran.

Truk molen jenis ini memiliki kubikasi yang cukup besar, dimana dalam sekali perjalanan truk molen ini mampu mengangkut bahan material sebanyak 7m3.

Mixer Truck ini memiliki fungsi khusus yaitu mampu mengubah mineral alam serta bebatuan ke ukuran yang diperlukan. Material seperti semen, beton, aspal dan juga bebatuan bergradasi merupakan hasil proses yang bisa didapatkan dengan menggunakan truk semen jenis ini.

Dengan kemampuannya yang bisa mencampur material alam tersebut, sehingga truk molen ini masuk kedalam kategori kendaraan atau alat pemroses. Truk ini memproses berbagai material seperti concrete batch plant ataupun asphalt mixing plant.

Namun kelemahan dari truk molen jenis ini adalah dengan ukurannya yang besar, maka kendaraan ini tidak mampu masuk atau melewati jalur yang sempit.

 

Truk molen ukuran mini

Sesuai namanya jenis kendaraan ini memiliki dimensi dan daya angkut yang lebih kecil dibandingkan truk molen ukuran standar. Truk jenis ini hanya memiliki daya angkut sebesar 3m3 dalam sekali perjalanan.

Namun hal yang dianggap salah satu kekurangan dari truk molen mini itu justru menjadi kelebihan dari kendaraan ini. Dimana dengan ukuran yang tidak terlalu besar otomatis truk molen ini mampu bergerak lebih fleksibel dan memiliki daya jelajah yang tinggi.

Ia mampu melewati jalanan dengan kondisi yang sempit serta tidak masalah saat menempuh jalur menanjak maupun kondisi jalan yang rusak.

Kelebihan lain dari truk molen mini ini adalah kecepatan pemutarannya yang mencapai 8 sampai 12 putaran per menit. Sehingga mampu mencegah beton cor mengeras diperjalanan.

 

Cara Kerja Truk Molen

Tahap awal cara kerja dari truk molen adalah dengan cara memasukkan bahan material kering terlebih dahulu ke dalam tangki molen. Kemudian para pekerja akan mengisi tangki molen tersebut dengan air.

Setelah kedua bahan masuk maka selanjutnya proses pencampuran bisa dilakukan. Di dalam tangki molen tersebut terdapat pisau ulir besar yang diletakan memanjang pada titik poros tangki. Fungsi pisau tersebut adalah membelah “adonan” material agar tercampur sempurna.

 

Agar pencampuran bahan material tetap merata dan stabil tingkat kekentalannya, maka diperlukan proses agitasi yaitu berputarnya tangki molen secara statis.

Maksudnya adalah tangki molen akan berputar sebanyak 8 sampai 12 kali per menit selama perjalanan menuju lokasi pengecoran. Jarak waktu maksimal dari truk molen adalah tidak boleh lebih dari 2 jam perjalanan.

Jika lebih dari waktu tersebut dikhawatirkan campuran beton akan mengeras meskipun tangki molen tetap berputar.

***

Penggunaan truk molen dalam suatu proyek memang sangat membantu, baik itu dari sisi efisiensi waktu dan tenaga, namun dalam pengerjaannya banyak sekali tahap-tahap yang harus diperhitungkan agar proses pengecoran mampu sesuai target karena jika meleset maka bukan tidak mungkin hal ini justru membuat kerugian yang sangat besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *