Tips Memilih Kayu untuk Rangka yang Kokoh

Kayu untuk rangka di dalam dunia konstruksi selalu menjadi bahan baku favorit. Kayu bukan saja dapat digunakan untuk menjadi furnitur dan berbagai bagian rumah. Namun juga dapat digunakan untuk berbagai bagian dan komponen rumah.

 

Hati-hati! Salah memilih kayu justru dapat berakibat fatal. Agar Anda tepat dalam memilih kayu untuk rangka yang kokoh, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

 

  1. Pilih Kayu yang Sesuai

Di indonesia sendiri ada banyak sekali jenis kayu yang bisa Anda pilih. Akan tetapi masing-masing memiliki keunggulan dan karakteristiknya tersendiri. Ada kayu yang cocok untuk dijadikan perabotan saja, ada pula yang cocok untuk dijadikan rangka.

Apabila Anda salah memilih maka akibatnya dapat cukup signifikan terutama dari segi daya tahan kayu itu sendiri. Misalnya kayu Mahoni yang kuat. Namun struktur kayu Mahoni itu lebih cocok digunakan di dalam rumah.

Ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis kayu yang akan Anda pilih.

 

  1. Memilih Kayu yang Kering

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan saat memilih kayu untuk rangka adalah memilih kayu yang kering. Sebab apabila kayu yang Anda pilih berada dalam kondisi yang lembab dapat beresiko di kemudian hari.

Selain itu kayu yang tidak kering dapat beresiko mengalami  penyusutan. Kayu yang tidak kering juga dapat mengalami resiko perubahan bentuk dari kayu tersebut.

Kayu yang berubah bentuk tentu akan berbahaya bagi keseluruhan struktur rumah dan bangunan Anda.

 

  1. Perhatikan Bentuknya Apakah Lurus atau Tidak

Tips memilih kayu untuk rangka yang kokoh berikutnya adalah perhatikan apakah kayu tersebut lurus atau tidak. Sebab kayu yang tidak lurus dapat menyebabkan kesulitan saat pembangunan sudah berjalan.

Apabila kayu berkualitas baik dan lurus maka akan memudahkan pengerjaan pembangunan rumah.

Misalnya saja ketika akan membuat kusen atau ketika membuat pintu. Bisa Anda bayangkan apabila pintu Anda miring atau tidak lurus. Tentu di kemudian hari akan menyebabkan kerusakan atau kesatuan bangunan yang tidak sinkron.

 

  1. Periksa Bagaimana Kondisi Tekstur Kayu Tersebut

Saat akan memilih kayu untuk rangka maka hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adakah tekstur dari kayu. Tekstur kayu adalah indikator yang mudah Anda gunakan untuk menilai seberapa kokoh kayu tersebut.

Apabila kayu yang Anda pilih memiliki tekstur dengan warna merah dan cenderung kecoklatan, maka kayu tersebut dapat Anda jadikan pilihan. Karena kayu dengan ciri-ciri seperti ini memiliki tekstur yang keras dan kuat.

Tekstur ini akan mencegah kayu dihinggapi rayap. Selain itu daya tahannya pun lebih baik sehingga tahan terhadap cuaca dan usia.

 

  1. Mengaplikasikan Anti Rayap

Apapun jenis kayu yang Anda pilih, sebaiknya Anda mengaplikasikan obat anti rayap. Terlebih lagi apabila kayu rangka yang Anda pilih termasuk kayu dengan kualitas sedang atau ekonomis.

Agar resiko dihinggapi rayap dapat berkurang maka melakukan pengaplikasian anti rayap merupakan langkah terbaik.

Sebelum mulai membangun pondasi rumah, Anda bisa mengaplikasikan anti rayap dengan cara menyemprotkannya ke dalam tanah. Hal ini untuk mencegah rayap tanah berpindah sarang menghinggapi bangunan Anda.

***

Kayu adalah komponen bangunan yang sangat penting. Harga dan variannya terdiri dari banyak jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan anggaran Anda.

Namun apabila Anda akan menjadikan kayu sebagai rangka maka sebaiknya pilih jenis kayu yang paling sesuai. Selain itu pilihlah kayu  dengan bentuk dan tekstur yang keras dan kuat.

Jika Anda masih belum menentukan jenis kayu untuk rangka yang kokoh bagi bangunan Anda, segera konsultasikan bersama kami. Kami siap membantu Anda memilih jenis kayu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *