Membuat Kolam Ikan Koi Sederhana di Rumah

membuat kolam ikan koi

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah dengan kolam yang berisi ikan koi cantik? Tentu hal ini menjadi idaman setiap orang, tidak hanya penggemar ikan koi saja. Anda bisa mewujudkan hal tersebut dengan membuat kolam ikan koi sederhana untuk mempercantik hunian Anda.

Kehadiran kolam ikan koi akan membuat tampilan rumah menjadi lebih asri. Bagi Anda penggemar koi membuat kolam tentu bukan perkara yang sulit, tapi tentu menjadi sulit bagi orang lain. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat pembuatan kolam agar ikan koi nyaman dan tetap sehat.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Bikin Kolam Koi

Tentu saja saat membuat kolam ikan koi tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelumnya seperti:

  1. Pemilihan Lokasi

Pilihlah lokasi yang memperoleh sinar matahari, namun tidak terlalu panas. Kurangnya sinar matahari akan membuat warna ikan koi memudar, selain itu akan mempercepat tumbuhnya lumut yang mengganggu pertumbuhan ikan.

Jika memilih lokasi didalam rumah Anda dapat mengganti sinar matahari dengan sinar lampu. Pemilihan lokasi yang tepat juga merupakan salah satu cara membuat kolam ikan sederhana di rumah.

  1. Sistem Filtrasi

Dalam pembuatan kolam ikan koi sistem filtrasi merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Kelangsungan hidup ikan koi ditentukan dari susunan sistem filtrasi, jika sistem filtrasi tepat maka ikan akan mendapat pasokan oksigen yg cukup.

Amonia dalam kotoran ikan yang bersifat racun akan dibuang melalui filtrasi dan diganti dengan oksigen. Anda bisa membuat desain filter kolam koi minimalis yang sederhana dalam sistem filtrasi kolam.

  1. Volume dan pH Air

Sering kali volume dan pH air dilupakan oleh pemilik kolam. Volume dan pH air yang tidak tepat dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan. Umumnya volume air dipengaruhi oleh besaran kolam dan populasi ikan. Sedangkan pH air idealnya 7 yang berarti netral untuk ikan koi, lebih dari itu akan bersifat racun.

  1. Desain dan Ukuran

Desain dan ukuran juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pemilihan desain kolam ikan koi yang tepat dapat mempercantik tampilan rumah Anda. Jika ikan koi yang dipelihara besar dan banyak maka jangan buat kolam kecil. Idealnya ikan koi ukuran 30 cm makan kedalaman adalah 1 m dan  1,5 m untuk ikan koi 40 cm lebih.

Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Setelah memperhatikan hal diatas maka saatnya Anda memulai untuk membuat kolam ikan koi tersebut. Berikut ini beberapa langkah dalam pembuatan kolam ikan koi sederhana di rumah.

  1. Siapkan Alat dan Bahan

Setelah desain kolam telah ditentukan saatnya menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kolam. Jangan lupa siapkan juga hiasan untuk mempercantik kolam Anda.

Usahakan memilih material yang bagus dalam pembuatan kolam ikan. Material yang bagus merupakan salah satu cara membuat kolam ikan koi agar tidak bocor.

  1. Proses Pembuatan

Pada proses pembuatan buatlah lubang sesuai dengan ukuran dan desain yang diinginkan. Setelah selesai buatlah dinding kolam dengan rapat dan juga rapi. Lapisi dinding kolam dengan baik agar tidak bocor, Anda juga bisa menggunakan pelapis khusus untuk ini.

Anda bisa mengecat kolam dengan warna hitam agar ikan terlihat lebih jelas. Namun anda juga bisa mengecat dengan warna lain atau melapisi dengan keramik sesuai yang anda inginkan.

  1. Tahap Finishing

Penyempurnaan kolam berada dalam tahap ini, seperti pemasangan hiasan, lampu, dan pernak-pernik lain yang ingin dipasang.

Itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam membuat kolam ikan koi sederhana di rumah. Jika tidak memungkinkan untuk membuat kolam ikan sendiri Anda bisa menggunakan tukang untuk proses pembuatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *