Tips-tips Memilih Obeng Bor Listrik

Bingung memilih obeng bor listrik untuk melakukan pekerjaan di rumah? Jika iya, tak perlu khawatir simak artikel berikut ini untuk memudahkan Anda memilih obeng bor listrik yang tepat.

Obeng bor listrik  merupakan alat multifungsi yang digunakan untuk mengebor dan juga sebagai obeng untuk mengencangkan sekrup. Dalam mekanismenya obeng bor listrik tidak memberikan tekanan sama seperti obeng impact. Akan tetapi obeng bor listrik berputar hanya pada ujung bit.

Alat ini sangat penting jika Anda suka mengerjakan kerajinan ataupun untuk proyek DIY (Do It Yourself). Namun berbagai merk mesin bor listrik yang  bagus telah beredar dipasaran tentu akan membuat Anda bingung dalam memilihnya, ditambah lagi dengan jenis yang beragam. Berikut adalah beberapa tips membeli obeng bor listrik:

  1. Pilihlah berdasarkan jenis

Hal yang pertama yang harus dipahami dalam memilih obeng bor listrik adalah jenisnya. Obeng bor listrik memiliki 2 jenis yaitu bor listrik dengan daya baterai dan bor listrik dengan kabel. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut kelebihan dan kekurangan bor listrik dari 2 jenis tersebut.

  • Tipe Kabel

Kelebihan utama dari tipe ini adalah dapat digunakan kapan saja selama terhubung dengan stop kontak. Tidak perlu khawatir akan kehabisan daya dan memiliki daya listrik yang stabil. Memiliki bobot yang lebih ringan daripada yang berjenis baterai.

Namun obeng bor listrik jenis ini harus menggunakan kabel ekstensi jika berada pada tempat jauh dari stop kontak. Kabel tersebut terkadang bisa menjadi penghalang saat Anda bekerja.

  • Daya Baterai

Kelebihan utama dari tipe ini adalah mobilitas kerjanya, berbeda dengan jenis kabel yang terbatas. Ketika Anda menggunakan obeng bor listrik jenis ini maka dapat bekerja dimanapun tanpa perlu memikirkan adanya stop kontak ataupun kabel tambahan bila bekerja jauh dari sumber listrik.

Yang perlu diperhatikan saat memilih obeng bor listrik jenis ini adalah baterainya. Baterai merupakan sumber tenaga dari mesin obeng bor listrik dengan besaran mAh. Jadi semakin besar mAh pada baterai maka makin besar kekuatan putar dan waktu pengoprasianpun jadi lama.

Kekurangan dari baterai ini tidak bisa digunakan terus menerus, semakin lama digunakan tenaganya semakin melemah karena daya baterai berkurang dan harus diganti. Jika ditanya bor listrik vs bor baterai lebih bagus yang  mana? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagus tidaknya sesuai dengan kebutuhan tiap orang.

  1. Performa Mesin

Mesin menerima tenaga dari listrik agar bisa berputar. Dengan demikian mata obeng bor listrik dapat melubangi ataupun memasang dan melepas sekrup di berbagai media. Pilihlah obeng bor listrik yang memiliki kekuatan dan kestabilan yang baik agar pekerjaan menjadi lebih efektif.

Kuat dan stabil dalam hal ini adalah putaran dari motornya. Apabila mesin motor obeng bor kuat dan stabil maka penyelesaian pekerjaan pun akan semakin cepat.

  1. Pilihlah yang Mudah dan Nyaman Digenggam

Tangan merupakan pengendali utama saat menggunakan obeng bor listrik. Jadi sangat penting memilih produk yang tidak hanya memiliki kualitas yang bagus akan tetapi juga nyaman pada saat digunakan. Perhatikan handle yang digunakan untuk memegang dan juga tombol untuk menyalakan dan mematikan mesinnya.

Anda akan semakin nyaman menggunakan obeng bor listrik yang memiliki bentuk ergonomis. Jika diperlukan pilihlah obeng bor listrik yang memiliki lampu untuk hasil kerja yang lebih maksimal.

  1. Perhatikan Mata Bor Saat Membeli satu set

Mata bor listrik memiliki beragam jenis, Anda dapat membeli mesin bor listrik lengkap dengan mata bor ataupun tidak. belilah sesuai dengan yang Anda butuhkan, baik sebagai obeng ataupun untuk mengebor.

Sebagai tambahan jika Anda memutuskan memilih obeng bor listrik dengan daya baterai maka pilihlah baterai minimal jenis lithium-ion. Semoga artikel di atas dapat memudahkan Anda dalam memilih obeng bor listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *