Tips Membuat Pemasangan Dinding Bata Lebih Awet

Dinding bata lebih awet merupakan idaman semua pemilik rumah. Anda pun pasti termasuk diantaranya. Dinding bata yang awet, kuat, terjaga keindahannya dan kuat dari segala cuaca merupakan salah satu faktor yang membuat nilai rumah menjadi lebih tinggi.

 

Saat ini pun dinding bata banyak menjadi pilihan masyarakat. Karena mampu memberikan kesan alami dan kehangatan. Sebuah rumah yang menggunakan desain dinding bata memiliki estetika tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Inilah cara agar dinding bata lebih awet:

 

  1. Perhatikan Sejak Penyimpanannya

Kunci yang sering dilupakan orang adalah cara penyimpanan bata. Sebab, bagaimana mungkin Anda akan mendapatkan dinding bata berkualitas jika kualitas bata itu sendiri tidak baik?

Maka dari itu perhatikan cara penyimpanan bata sebelum dipasang. Satu hal yang perlu Anda ingat, batu bata memiliki karakter struktur yang mudah pecah. Maka pastikan menumpuk bata tidak terlalu tinggi ketika disimpan.

Setidaknya simpanlah batu bata dengan ketinggian maksimum 1 meter.

 

  1. Menjaga Kondisi Kelembaban Dinding Batu Bata

Bahan dasar batu bata memiliki tingkat kerentanan terhadap kelembaban lebih tinggi apabila dibandingkan dengan dinding dari plesteran atau aci.

Oleh karena itu apabila Anda akan membangun dinding bata di bagian dalam rumah, pastikan agar kelembaban tidak mudah hinggap.

Cobalah membangun akses terhadap cahaya alami seperti jendela kaca atau lainnya. Akan tetapi apabila Anda membangun di area fasad, maka cahaya alami akan menyinari bagian dinding Anda dengan mudah.

 

  1. Melapisi Permukaan Dinding Bata dengan Coating

Melapisi coating pada dinding bata merupakan ide yang sangat baik untuk menjaga keawetannya. Selain melakukan pembersihan dengan rutin, coating dapat memaksimalkan usia dan keindahan dinding bata.

Sebab coating itu sendiri memiliki fungsi untuk melapisi dinding dari kotoran dan air. Begitu pula coating akan menambah kilauan pada dinding Anda. Tetapi apabila Anda tidak ingin dinding terlalu terlihat berkilau maka cukup berikan coating sebanyak 1-2 kali pada dinding.

 

  1. Perhatikan Alat yang Digunakan Saat Merawat Dinding Bata

Perlu Anda ingat, bahwa dinding bata merupakan sebuah elemen yang tidak menggunakan acian. Maka dari itu teksturnya menjadi lebih kasar. Serta dinding jenis ini lebih rentan kotor.

Agar pemasangan dinding bata awet maka rutinlah membersihkannya. Namun, pastikan alat yang Anda gunakan bukan alat biasa seperti sikat lantai atau alat dengan material kasar lain.

Alat paling tepat adalah gunakan sebuah kuas kecil untuk menyapu dinding Anda. Lakukan perawatan dinding bata dengan cara menyapu kuas pada dinding dengan perlahan.

 

  1. Hati-Hati Memasang Paku Pada Dinding

Apabila rumah Anda menggunakan dinding bata maka lebih berhati-hatilah ketika akan memaku. Ingat bahwa dinding Anda bukan dinding biasa.

Jika Anda ingin memasang aksesoris dinding dengan cara memaku, pastikan agar hanya memasang paku pada bagian adonan semen. Cara ini agar menjaga dinding bata Anda senantiasa awet kedepannya.

 

  1. Periksa Setiap Celah Terhadap Retakan

Retakan kecil pada dinding bata akan menjadi kerusakan besar apabila dibiarkan. Biaya yang Anda keluarkan pun akan menjadi lebih besar nantinya.

Oleh karena itu pastikan untuk memeriksa setiap celahan terhadap kemungkinan retakan. Selalu sediakan mortar agar sewaktu-waktu Anda menemukan retakan, Anda dapat segera mengatasi retakan tersebut.

Gunakan mortar berkualitas hanya dari toko bangunan online terpercaya agar dinding bata Anda senantiasa awet dan tak lekang oleh waktu.

Rumah aman, nyaman, kuat, dan indah dengan bahan-bahan berkualitas adalah idaman kita semua. Dinding bata mampu menambah nilai estetika dan ekonomi rumah Anda.

Semoga tips agar pemasangan dinding bata lebih awet ini mampu memberikan Anda acuan saat merenovasi atau membangun rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *