Tips Mempercantik Dapur dengan Penerangan Alami

Penting sekali agar dapur menjadi nyaman dan terang. Apabila dapur terang, maka siapapun yang menggunakan dapur akan menjadi nyaman. Bagaimana cara untuk mempercantik dapur dengan penerangan alami? Simak tipsnya berikut ini!

 

***
Cahaya yang memasuki sebuah ruangan di dalam rumah dapat berasal dari pencahayaan alami maupun buatan. Ulasan kali ini akan membahas mengenai penerangan alami untuk bagian dapur.

Penerangan alami membawa banyak keuntungan, seperti lebih hemat listrik di pagi dan siang hari, memberikan nuansa alami, serta memberikan kehangatan di dalam dapur.

 

  1. Menggunakan Bata Transparan

Salah satu cara memberikan penerangan alami pada dapur adalah dengan menggunakan bata transparan. Bata jenis ini cukup sering ditemukan pada dinding kamar mandi.

Ternyata Anda juga bisa memanfaatkannya untuk bagian dapur. Dengan memasang bata transparan, cahaya akan dapat menerangi dapur dengan mudah. Selain itu, privasi Anda juga akan tetap terjaga karena sifatnya yang buram.

 

  1. Menggunakan Genteng Kaca

Cara berikutnya yang dapat lebih menerangi dapur adalah dengan menggunakan genteng kaca. Genteng pada umumnya memang terbuat dari bahan standar untuk bagian atap.

Agar bagian tertentu di rumah Anda dapat lebih terang tanpa bantuan listrik maka Anda dapat menggunakan genteng yang terbuat dari kaca. Dengan mengganti genteng standar menjadi genteng kaca, cahaya yang masuk dapat lebih banyak.

Hal ini disebabkan oleh sifat genteng kaca yang transparan. Sehingga cahaya matahari yang masuk dapat lebih banyak daripada menggunakan bata kaca.

Selain itu, posisinya berada di atas sehingga cahaya yang masuk dapat langsung menyinari bagian yang diinginkan. Maka dari itu genteng kaca sangat cocok menjadi penerangan alami di dapur.

 

  1. Menggunakan Pintu Kaca

Alternatif lain untuk mempercantik dapur dengan penerangan alami adalah memasang pintu kaca di bagian masuk dapur. Cara ini cocok apabila dapur Anda berhadapan dengan kebun atau teras rumah Anda.

Sehingga penerangan alami yang ada di luar dapat masuk ke dalam dapur. Model pintu seperti ini cukup banyak digunakan oleh penduduk di luar negeri yang senang mengadakan pesta barbeque.

Mereka yang memasak di dapur dapat sekaligus melihat aktivitas yang sedang terjadi di halaman luar. Tentu akan menambah keakraban antar anggota keluarga.

 

  1. Memasang Jendela

Tidak ada pilihan terbaik untuk mendapatkan penerangan alami ke dalam dapur selain memasang jendela. Jendela ini bisa Anda letakkan persis di depan kompor, atau di bagian manapun yang memungkinkan.

Jendela selain mampu memberikan akses bagi cahaya yang masuk, ia juga dapat menjadi pintu masuk aliran udara yang baik ke dalam dapur.

Apabila Anda akan memasang jendela di bagian dapur pastikan menggunakan bahan kayu dan material yang aman. Karena dapur adalah bagian rumah yang menggunakan api untuk aktivitasnya.

Konsultasikan dengan ahli arsitektur atau interior sebelum memasang jendela di dapur.

 

  1. Memadukan Penerangan Alami dan Buatan

Cara berikutnya agar mempercantik dapur adalah dengan memadukan penerangan alami dan buatan. Contoh paling mudah adalah menggunakan jendela di bagian dapur yang ditambahkan dengan pemasangan lampu berwarna putih di bagian langit-langit.

Paduan penerangan alami dan buatan ini dapat lebih memberikan kesan estetika dan mewah di bagian dapur. Karena cahaya yang dihasilkan dapat lebih maksimal dan menonjolkan karakter dapur Anda.

 

Itulah beberapa tips mempercantik dapur dengan penerangan alami. Mulai dari pemasangan bata  dan genteng transparan, pintu yang bening dan jendela. Selain itu Anda juga dapat memadukan penerangan alami dan buatan agar cahaya lebih maksimal.

Yuk percantik dapur Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *