Penyebab Wallpaper Dinding Cepat Mengelupas

Pernahkah wallpaper kesayangan Anda tiba-tiba mengelupas? Wallpaper adalah alternatif pengganti cat dinding yang mudah Anda aplikasikan. Anda juga dapat dengan mudah mengganti wallpaper dengan yang baru kapan saja.

Namun ada kalanya wallpaper mengelupas tanpa sebab yang jelas. Apa kira-kira penyebab wallpaper dinding cepat mengelupas? Berikut penjelasannya.

 

  1. Kondisi Lem Wallpaper

Wallpaper menggunakan sejenis lem agar ia dapat menempel pada dinding. Tetapi lem ini ada kalanya menjadi penyebab wallpaper mengelupas. Hal ini dapat terjadi oleh beberapa faktor.

Contohnya saja terdapat lem yang meluber saat pemasangan. Lem yang meluber ini dapat menyebabkan wallpaper mudah mengelupas.

Selain itu dapat pula disebabkan oleh usia pemasangan yang sudah cukup lama. Setelah sekian waktu wallpaper ditempelkan di dinding, usia pakai lem mulai berkurang kekuatannya.

 

  1. Wallpaper Mengelupas Disebabkan Oleh Lembab

Masalah klasik yang dapat menyebabkan wallpaper mengelupas adalah kelembaban. Apabila wallpaper terus menerus terpapar oleh lembab maka dapat beresiko mengelupas di berbagai bagian.

Untuk mencegah hal ini terjadi ada baiknya Anda benar-benar memperhatikan proses pemasangan wallpaper. Pastikan saat wallpaper dipasang pada dinding, lem wallpaper benar-benar mengering.

Perhatian ekstra juga harus Anda berikan apabila Anda memasang wallpaper pada bagian rumah yang lembab. Apabila lem benar-benar mengering dan kuat, maka usia wallpaper dapat lebih awet.

Solusi lain adalah Anda dapat menggunakan wallpaper yang terbuat dari vinyl. Wallpaper yang terbuat dari bahan vinyl lebih kuat dengan kondisi lembab.

 

  1. Rembesan Air

Penyebab berikutnya adalah rembesan air pada dinding. Air yang merembes dapat disebabkan oleh kebocoran pipa atau saluran air dari genting. Seringkali hal ini luput dari perhatian karena sulit dideteksi.

Cara terbaik mengatasinya adalah dengan mengatasi rembesan air itu sendiri. Sebab jika Anda hanya mengganti wallpaper saja tanpa mengatasi rembesan maka masalah akan berulang kembali di kemudian hari.

Apabila Anda baru pertama kali akan memasang wallpaper maka Anda dapat menginspeksi keadaan dinding rumah atau bangunan Anda. apabila terdapat tanda rembesan atau kebocoran maka atasi segera.

 

  1. Pemasangan Wallpaper yang Kurang Tepat

Seringkali yang menyebabkan wallpaper mengelupas bukan dari dinding atau bahan. Melainkan ketika saat pemasangannya.

Pemasangan wallpaper yang kurang tepat dapat menyebabkan gelembung udara di balik wallpaper. Udara yang tertahan ini dapat menyebabkan wallpaper mengelupas.

Selain itu pemasangan yang terburu-buru juga dapat merusak struktur wallpaper itu sendiri. Wallpaper yang rusak sejak saat pemasangan dapat berdampak buruk pada keseluruhan bagiannya.

Karena jika salah satu sudut sudah terkelupas, maka bagian lain juga dapat terkelupas dengan mudah.

 

  1. Rayap

Rayap adalah hama yang sungguh mengganggu. Mereka mencerna selulosa dari kayu yang mereka santap. Mereka senang sekali memakan apapun yang mengandung kayu.

Salah satunya adalah wallpaper. Karena seperti yang Anda tahu, kertas terbuat dari kayu yang diolah sedemikian rupa. Akibatnya, wallpaper Anda juga tidak luput dari ancaman rayap-rayap nakal.

Apabila Anda menemukan lubang di bagian tertentu dari wallpaper Anda maka Anda harus waspada. Sebab lubang dapat menjadi tanda invasi dari rayap.

Cara paling tepat mengatasinya adalah dengan memanggil jasa pembasmi rayap terdekat. Hal ini penting karena jika dibiarkan maka rayap dapat beresiko menghinggapi bagian rumah Anda yang lain.

***

Wallpaper adalah pelapis dinding yang memberikan keindahan dan estetika. Wallpaper juga mudah dipasang dan lebih ekonomis apabila Anda senang mengganti nuansa dinding rumah.

Akan tetapi ada kalanya wallpaper dinding cepat mengelupas. Lakukan langkah pencegahan sejak awal pemasangan. Serta perhatikan apakah ada rembesan air atau serangan rayap setelah pemasangan.

Selamat memasang wallpaper yang awet dan tahan lama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *