Cara Mengatasi Mampetnya Drainase

mengatasi drainase mampet

Apa yang Anda lakukan saat drainase di rumah atau lingkungan sekitar mampet?

Drainase menjadi salah satu komponen penting dalam pembangunan. Sebagai prasarana umum dalam bangunan, maka Anda bisa menemukannya di manapun. Umumnya, drainase ini berfungsi sebagai alat pengendali air untuk mengurangi volume air di permukaan yang disebabkan oleh hujan, banjir dan genangan lain.

Intinya, drainase akan digunakan untuk mengalirkan, membuang atau mengalihkan air ke tempat lain. Anda juga harus tahu, drainase tidak hanya digunakan untuk mengalirkan air bersih tetapi juga air kotor seperti limbah dan lain sebagainya. Untuk rumah, biasanya drainase digunakan untuk buangan air kamar mandi, saluran pipa wastafel, buangan WC dan lain sebagainya.

Karena perannya yang vital dan selalu digunakan setiap hari, maka tidak jarang saluran drainase mampet. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera mengatasinya agar jalannya air tidak terhambat. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi drainase mampet yang bisa Anda lakukan:

  1. Gunakan Baking Soda dan Cuka

Cara pertama untuk mengatasi drainase mampet adalah dengan baking soda dan cuka. Kedua bahan ini memiliki sifat yang berbeda yaitu basa murni dan asam. Saat keduanya dicampur, maka reaksi kimia berbentuk gelembung akan muncul. Gelembung-gelembung inilah yang handal digunakan mengatasi drainase mampet.

Bagaimana cara menggunakannya?

Langkah pertama, tuangkan satu cup baking soda ke drainase yang mampet. Kemudian tuangkan air mendidih sebanyak 2 cup dan biarkan beberapa menit. Selanjutnya tambahkan 1 cup baking soda lagi dan lanjutkan dengan 1 cup cuka. Setelahnya akan terdengar suara gemuruh dan buih mulai muncul. Saat reaksi kimia terhenti maka kembali bilas drainase dengan 2 cup air mendidih.

  1. Air Panas dan Sabun Cuci Piring atau Garam

Cara kedua Anda bisa memanfaatkan air mendidih untuk mengatasi drainase yang tersumbat. Tentunya, tidak hanya air mendidih saja. Anda harus mengkombinasikan dengan bahan lain seperti sabun cuci piring ataupun garam.

Untuk kombinasi air panas+garam, Anda hanya perlu menyiapkan ½ gelas garam dan tuang ke daam saluran pipa drainase yang mampet. Lalu tuangkan 2 liter air mendidih ke dalam saluran air tadi. Langkah terakhir, bilas pipa dengan air biasa. Ulangi langkah-langkah ini beberapa kali sampai saluran drainase tidak mampet.

Sebaliknya, untuk kombinasi air panas dan sabun cuci piring biasanya digunakan untuk saluran air yang tersumbat karena lemak dan minyak. Tuangkan sabun cuci piring secukupnya ke saluran drainase dan bilas dengan air mendidih. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mencegah drainase mampet lho.

  1. Gunakan Produk Pembersih Drainase Instan 

Untuk Anda yang tak ingin ribet mencari-cari bahan-bahan seperti cuka, baking soda, garam dan lain sebagainya. Maka Anda bisa menyetok persediaan produk pembersih instan di rumah. Ada cukup banyak produk pembersih yang dijual di pasaran. Pilih saja produk mana yang mendapat review paling baik.

Cara penggunaan setiap produk tentunya berbeda. Anda bisa mengikuti petunjuk pemakaian dan penyimpanan yang tertera di kemasan produk.

  1. Panggil Tukang Ledeng

Cara terakhir yang bisa Anda pilih adalah memanggil tukang ledeng. Jika sekiranya Anda tidak bisa mengatasi masalah ini sendiri akan lebih baik jika menggunakan jasa profesional. Memang Anda harus mengeluarkan biaya lebih, tapi sudah pasti ada jaminan saluran drainase kembali normal dengan cepat.

Pastikan saja, untuk menjaga kebersihan saluran drainase dengan membersihkannya secara berkala ya. Selain melakukan perawatan rutin, hindari juga untuk membuang benda-benda ke dalam saluran. Beberapa benda yang biasanya menyebabkan saluran mampet seperti tisu, kertas, rambut, minyak, lemak dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *