Pengertian dan Manfaat Roster Beton

manfaat roster beton

Meskipun bukan merupakan elemen baru dari dunia bangunan, namun ada saja orang yang belum mengenal roster beton. Berikut akan dijelaskan apa itu roster beton dan manfaat roster beton dalam dunia desain bangunan?

Saat ini roster beton tengah menjadi tren.  Karena roster merupakan salah satu elemen dari bangunan yang terbilang modern dan artistik. Selain dari modelnya artistik roster beton memiliki beragam bentuk dan manfaat untuk mempercantik hunian Anda.

Apa Sebenarnya Roster Beton itu?

Roster beton adalah salah satu elemen bangunan yang memiliki fungsi utama sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan suatu ruangan pada siang hari. Ventilation block merupakan istilah yang dikenal oleh orang luar negeri untuk roster.

Kelebihan Roster Beton

Roster biasanya terbuat dari beragam material, ada yang terbuat dari beton, keramik, kayu, dan tanah liat. Material pembuatan roster beton terdiri dari pasir, kerikil, dan semem membuat roster beton lebih kuat dari roster dengan material lain.

Lebih kompleksnya material penyusun dari roster beton ini membuat roster beton lebih resisten terhadap pelapukan yang terjadi akibat perubahan cuaca. Meskipun demikian roster beton tidak disarankan digunakan untuk penahan struktur bangunan. Karena roster memiliki lubang bagian tengah yang tidak akan seimbang jika digunakan untuk menahan berat.

Manfaat Roster Beton

Seiring dengan perkembangan dalam dunia konstruksi roster kini tak lagi hanya digunakan untuk ventilasi udara dan penyekat ruangan saja. Namun roster juga sering kali digunakan untuk bagian interior dari suatu ruangan. Berikut manfaat roster beton yang bisa diaplikasikan untuk mempercantik hunian Anda.

  1. Sebagai Pagar Rumah

Sudah banyak orang yang memanfaatkan roster beton sebagai pagar rumah. Umumnya orang tidak ingin rumit dalam membuat pagar rumah. Penggunaan roster untuk pagar akan membuat pagar lebih kokoh karena bahannya yang solid.

Bentuk roster beton minimalis dengan lubang-lubang dapat memungkinkan Anda mengintip di luar rumah. Dengan begitu penampilan depan rumah Anda akan terlihat cantik dan artistik.

  1. Sebagai Filter Cahaya (Secondary Skin)

Tinggal pada daerah tropis memungkinkan untuk mendapat sinar matahari yang berlimpah. Namun melimpahnya sinar matahari terkadang terasa menyengat dan juga masuk melalui bukaan jendela. Penggunaan roster beton sebagai secondary skin bisa menjadi solusi.

Secondary skin merupakan penyaring sinar matahari sehingga sinar matahari tidak sepenuhnya masuk ke dalam rumah. Bentuk roster beton yang berlubang memungkinkan udara tetap masuk, sehingga rumah akan terasa sejuk.

  1. Furniture Rumah dan Dekorasi Taman

Penggunaan roster beton untuk furniture rumah terbilang cukup baru dalam dunia desain interior. Meskipun demikian saat ini banyak orang yang mengaplikasikan roster beton sebagai furniture rumah mereka.

Dengan berbagai modifikasi dan juga rencana yang matang roster beton dapat berubah menjadi aneka furnitur menarik. Biasanya furniture tersebut berupa kursi taman. Roster beton kotak dan berlubang memungkinkannya untuk dijadikan pot yang menarik.

  1. Membuat Fasad Bangunan

Penggunaan roster beton untuk fasad bangunan akan membuat hunian Anda terlihat lebih elegan. Variasi dari pola roster yang beragam akan menciptakan bangunan dengan nuansa yang berbeda. Cara pemasangan yang tidak rumit memungkinkan Anda berkreasi dengan berbagai pola.

  1. Sebagai Dinding Utama Rumah

Penggunaan roster beton sebagai dinding utama rumah membuat hunian Anda lebih hemat akan kebutuhan jendela. Bentuk roster beton yang artistik membuat rumah Anda akan tampak lebih elegan dan menyenangkan untuk dilihat.

Manfaat rosten beton diatas akan membuat terwujudnya hunian yang cantik, elegan, sejuk, serta nyaman. Tertarik mengaplikasikan roster beton untuk rumah Anda. Jangan khawatir saat ini harga roster beton cukup terjangkau  dengan beragam pilihan pola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *