Fungsi Kaporit dan Bahayanya untuk Kesehatan

Pernah mendengar istilahkaporit?

Kaporit atau kalsium hipoklorit merupakan senyawa kimia yang lebih banyak dikenal sebagai penjernih atau pembersih air. Terutama air kolam renang atau air pdam. 

Namun sebenarnya, kaporit merupakan bahan beracun, sehingga penggunaannya harus memenuhi standar yang ditetapkan.

Fungsi Kaporit

Nah, apabila penggunaan kaporit telah sesuai ada lebih banyak manfaat yang kita dapat dari kaporit.

  1. Membersihkan dan Menjernihkan Air Keruh

Fungsi kaporit yang pertama sudah cukup sering kita dengar. Kaporit sering dicampurkan kedalam air kolam renang supaya air tetap bersih dan jernih. Air keruh lainnya, seperti air sumur, atau pdam juga bisa dijernihkan dengan menggunakan kaporit. Hanya saja ada takaran yang harus disesuaikan. Misalnya 1000 air berbanding satu sendok kaporit.

  1. Membersihkan Perabot Rumah

Tak hanya menjernihkan air, susunan bahan kimia yang ada dalam kaporit juga mampu memutihkan pakaian atau membersihkan perabot di rumah. Dengan tambahan beberapa tetas kaporit pada air yang digunakan untuk merendam atau melap perabot mampu membunuh kuman yang menempel.

  1. Untuk Mengusir Hama

Fungsi lain yang jarang diketahui orang tentang kaporit adalah fungsinya sebagai bahan baku pestisida. Tambahkan beberapa tetes kaporit dan semprotkan campuran tersebut ke bahan makanan atau sayuran anda, maka dijamin tanaman akan terbebas dari hama. Selain itu kaporit juga bisa digunakan sebagai campuran pembersih dapur, sehingga barang-barang seperti piring, sendok atau apapun yang digunakan untuk makan dan masak terbebas dari kuman.

  1. Sebagai Bahan Baku Obat

Satu lagi yang cukup membuat kita terkejut, ternyata kaporit juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat atau alat medis. Beberapa contohnya ada kantong darah, hingga benang operasi.

  1. Pembuatan Gadget

Tak ada yang menyangka, sebuah gadget yang kita kira bahan baku utamanya hanyalah aluminium ternyata juga memiliki campuran kaporit. 

  1. Bahan Penambah pada Sarana Transportasi

Terakhir, kaporit ternyata juga digunakan sebagai bahan campuran pembuatan beberapa alat transportasi. Beberapa diantaranya ada kursi, minyak rem, hingga bagian utama badan mobil.

Wah, cukup banyak sekali ya fungsi kaporit. 

Bahaya Kaporit untuk Kesehatan

Mengingat fungsi kaporit cukup banyak, jangan lupa jika kaporit ternyata juga sangat berbahaya. Penggunaan atau paparan kaporit secara berlebihan, baik tertelan terkena mata, atau terkena bagian tubuh lainnya secara berlebihan mampu menimbulkan gangguan kesehatan. 

Beberapa gangguan yang terjadi apabila terpapar kaporit diantaranya iritasi saluran napas, susah bernapas, sakit tenggorokan, batuk, iritasi kulit, iritasi mata, mata, tenggorokan hingga hidung terasa terbakar, mual atau muntah, penglihatan menjadi kabur, hingga paling fatal masuk kedalam tubuh dan mengendap di paru-paru.

Lalu apa yang bisa kita lakukan apabila terkena paparan kaporit secara berlebih?

  1. Segera tinggalkan area yang terkena kebocoran, dan cari lokasi terbuka dan memiliki udara segar.
  2. Usahakan mencari tempat yang lebih tinggi. Kaporit memiliki sifat lebih berat dari udara. Jadi, dengan mencari tempat tinggi, udara di area tinggi kemungkinan tidak terpapar kaporit.
  3. Segeran ganti pakaian anda dengan yang baru, dan cuci pakaian yang terpapar kaporit.
  4. Apabila kaporit masuk ke mata, segera bilas dengan air bersih dan mengalir.
  5. Jika iritasi atau gangguan yang terjadi pada tubuh cukup serius pastikan anda langsung memeriksakan ke dokter.

Ingat ya, beberapa bahasa kaporit diatas hanya akan terjadi apabila terjadi kebocoran secara berlebih. Selebihnya, baik saat berenang atau mandi air yang mengandung kaporit tidak akan menimbulkan efek samping berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *