Pentingnya Saluran Drainase di Kawasan Perumahan

saluran drainase perumahan

Berkenaan dengan pembangunan untuk kawasan perumahan pihak kontraktor hendaknya tidak melupakan keberadaan saluran drainase. Terlupanya perencanaan atas cetak biru item ini bisa berakibat sangat fatal. Apalagi jika kondisi dari kontur tanah tidak begitu bagus. 

Pengertian Saluran Drainase

Drainase seringkali disebut-sebut saat berkenaan dengan sebuah pembangunan di perumahan. Lalu apa itu drainase? Secara pengertian saluran drainase merupakan prasarana jalan yang berfungsi mengalirkan kelebihan air. 

Jumlah air yang berlebih akan dialirkan menuju sungai, laut, atau bisa juga waduk. Jenis prasarana ini wajib dibuat dan dijaga oleh masyarakat karena manfaatnya yang sangat krusial. Jika saluran ini tidak lancar bisa dipastikan banyak orang terimbas karenanya. 

Fungsi Saluran Drainase

Banyak sekali ditemui berita yang mengabarkan bahwa perumahan tenggelam karena banjir. Jika ditelaah ini diakibatkan oleh sistem drainase yang dipergunakan dengan maksimal. 

Padahal fungsi saluran drainase sangatlah krusial. Berikut disajikan fungsi-fungsi yang melekat pada saluran drainase di perumahan:

Mengalirkan Curah Air Hujan yang Berlebih

Indonesia sebagai negara tropis memiliki curah hujan yang intensitasnya lumayan tinggi. Hal ini berpengaruh pada jumlah air yang jatuh ke tanah. Perumahan yang tidak memiliki saluran drainase sudah bisa dipastikan akan banyak menemui genangan-genangan air di jalanan. Akibat yang paling buruk adalah banjir yang mulai mengenai kawasan perumahan tersebut bila curah hujan lebih tinggi dari biasanya.

Melindungi Aspal

Tidak jarang ditemui kawasan perumahan yang menggunakan aspal sebagai material pilihan untuk membuat jalan. Material ini dipilih karena kenyamanan saat berkendara yang diberikan oleh aspal. 

Sayangnya jenis material ini sangat rentan terhadap air terutama genangan. Jika genangan tersebut bertahan cukup lama maka umur pakai dari aspal itu tidak akan panjang. 

Untuk itulah saluran drainase harus dibuat dengan teliti. Mengalirkan kelebihan air menuju sungai atau laut bisa memaksimalkan umur dari jalan aspal. Tentu saja ini akan sangat berguna agar tingkat penjualan atas harga perumahan semakin meningkat. Selain itu penghuni dari perumahan juga merasa nyaman untuk bertempat tinggal pada wilayah tersebut.

Mengendalikan Erosi Tanah

Erosi dapat terjadi dimana saja dan tidak terkecuali pada wilayah perumahan. Tanah tersebut tergerus karena ada debit air yang sangat banyak mengalir. Aliran tersebut akhirnya tidak hanya membawa air saja tapi juga tanah. 

Tanpa ada drainase pada kawasan perumahan resiko dari erosi akan semakin tinggi. Berbanding terbalik jika kawasan perumahan dibuatkan saluran drainase, maka air akan mengalir pada area yang telah disediakan. Resiko dari erosi akan menurun sehingga kestabilan bangunan akan meningkat.

Dipergunakan untuk Mengatur Air Muka Tanah

Merupakan rahasia umum bahwa ketika air menggenangi suatu wilayah akan menyebabkan tanah menjadi lembek. Hal ini akan membuat kesulitan tersendiri untuk para developer perumahan. Perumahan yang dijual akan kehilangan daya tariknya sehingga penjualan tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Pada saat inilah drainase diperlukan. Bentuk saluran drainase yang dipergunakan disesuaikan juga dengan kebutuhan. Ini dikarenakan air tanah yang rendah akan menyebabkan rusaknya bangunan karena air dapat meresap di tembok bangunan.

Saluran drainase adalah salah satu item dalam perumahan yang harus diperhatikan ketika mulai melakukan pembuatan kawasan perumahan. Kesalahan dalam pembuatan saluran drainase dapat menyebabkan kawasan perumahan tersebut dapat terendam oleh air. Bentuk drainase juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *