Tips untuk Mencegah Karat dan Keropos pada Pagar Besi

Kesel gak sih kalau perabot berbahan besi dirumah, termasuk pagar besi sering karatan?

Besi merupakan salah satu senyawa kimia yang cukup banyak digunakan sebagai bahan baku perabot rumah tangga, hingga kendaraan. Sifatnya yang kuat, dan kokoh menjadi salah satu alasannya. Selain itu, besi juga merupakan unsur keempat terbesar pada kerak bumi, sehingga sangat mudah ditemukan.

Salah satu perabot rumah yang juga memanfaatkan besi adalah pagar. Sayangnya, kondisi pagar yang berada diluar rumah menyebabkan besi mudah teroksidasi dalam udara, dan menghasilkan besi oksida hidrat, atau yang kita kenal dengan besi berkarat. Selama ini yang kita tahu, salah satu penyebab karat adalah terkena air secara terus menerus. Padahal sebenarnya tidak, panas dan hujan mampu menyebabkan besi mudah karat dan keropos. Apalagi kondisi pagar besi yang berada diluar rumah, semakin meningkatkan kemungkinan karat dan keropos.

Nah, untuk mewujudkan pagar besi tetap cantik tanpa karat atau keropos, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

  1. Memberikan lapisan dengan cat besi anti karat

Salah satu cara utama yang bisa anda lakukan untuk menekan atau memperlama kondisi pagar besi supaya tidak mudah karat atau keropos adalah dengan memberikan cat pelapis anti karat. Saat ini banyak sekali cat yang diformulasikan khusus sebagai anti karat. Selain itu, cat jenis ini juga bisa menjaga warna besi tetap bagus.

  1. Bersihkan bagian berkarat

Jika pagar besi sudah terlanjur berkarat, jangan lupa untuk membersihkan bagian yang berkarat tersebut. Hal ini dimaksudkan supaya warna kuning pada karat bisa hilang, sehingga ketika diberikan cat anti karat hasilnya bisa maksimal. Bayangkan saja jika bagian yang berkarat tidak dibersihkan, kemudian dilapisi cat anti karat, maka hasilnya pewarnaan tidak mulus.

Untuk membersihkan bagian pagar besi yang sudah karatan bisa menggunakan sikat kawat, dan kemudian dilanjut dengan menggunakan perlas. Lakukan keduanya dengan maksimal hingga karat benar-benar hilang.

  1. Las kembali pagar yang sudah keropos

Apabila kondisi pagar sudang sampai keropos, maka langkah yang wajib anda lakukan adalah mengelas kembali bagian yang keropos. Hal dimaksudkan untuk menghindari bagian terlepas. Pastikan untuk las harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli.

  1. Olesi besi dengan minyak

Oli dan minyak tanah ternyata juga berperan dalam mencegah proses karatan. Hanya saja, mengingat keduanya memiliki kesan kurang bersih dan membuat pagar terlihat terlalu mengkilap. Oleh karena itu, sebaiknya oli atau minta bisa dioleskan pada bagian-bagian tertentu saja. Misalnya pada bagian engsel.

  1. Melapisi besi pagar dengan timah

Timah merupakan salah satu jenis besi. Namun, ia memiliki sifat yang berbeda dengan besi pada umumnya. Timah memiliki sifat yang tahan terhadap korosi cukup tinggi. Sehingga melapisi pagar besi dengan lapisan berbahan timah mampu memperlambat proses korosi dan karat.

  1. Menggunakan minuman bersoda atau bahan asam

Jika karat dan keropos tiba-tiba muncul dan belum ada bahan-bahan yang bisa anda gunakan seperti diatas, maka anda bisa mencoba menyemprotkan minuman bersoda. Minuman bersoda dipercaya mampu membasmi karat secara mudah. Semprot atau siram minuman soda pada bagian karat, diamkan beberapa saat, lalu keringkan menggunakan lap kering. Selain minuman soda, bahan-bahan asam seperti cuka jug bisa anda gunakan.

Cukup mudah bukan?

Karat pada besi memang menjadi sesuatu yang sulit dihindari. Apalagi jika sudah terkena udara, hujan secara terus menerus. Namun tentunya anda bisa mengatasi karat dan keropos dengan beberapa bahan diatas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *